Petugas Tangani Dampak Longsor di Area Makam Pangeran Jayakarta

By Al


nusakini.com - Jakarta - Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) menangani dampak turap longsor Kali Sunter di RW 03 Kelurahan Jatinegara Kaum, Pulogadung di area Kompleks Makam Pangeran Jayakarta.

Pantauan beritajakarta.id di lokasi, turap yang longsor posisinya bersebelahan dengan area Kompleks Makam Pangeran Jayakarta. Akibat longsoran itu, lima batu nisan makam ikut tergerus ke tebing kali. Lima jenazah di makam tersebut juga sudah dievakuasi ke lokasi yang lebih aman. Saat ini penanganan dilakukan belasan Satgas Sumber Daya Air Kecamatan Pulogadung.

Wakil Camat Pulogadung, Agus Purwanto mengatakan, bagian turap yang longsor langsung ditangani dengan memasang cerucuk menggunakan kayu dolken. Saat ini penanganan masih bersifat sementara untuk mencegah terjadinya longsor susulan.

"Kami lakukan penanganan sementara. Untuk perbaikan secara permanen kami sudah usulkan ke BBWSCC karena Kali Sunter ini kewenangannya berada di pemerintah pusat," ujar Agus

Pengurus Masjid Assyalafiah Pangeran Jayakarta, Raden Muhammad Syahrul mengatakan, longsornya turap Kali Sunter di lokasi tersebut seingatnya sudah terjadi sebanyak tiga kali yakni pada 10, 17 dan 23 Februari. Akibatnya, lima petak makam ikut tergerus longsor.

"Kami meminta segera dilakukan penanganan agar longsor tidak kembali terjadi," katanya.

Ditambahkan Syahrul, saat ini secara umum kondisi turap Kali Sunter juga cukup memprihatinkan di mana banyak terdapat bagian yang retak sehingga rawan terjadi longsor.